Selasa, 03 November 2009

Bagaimana Mengelola Pembelajaran

Banyak guru yang kurang memperhatikan dan mengetahui bagaimana mengelola proses pembelajaran yang efektif sehingga dapat menghasilkan tujuan pembelajaran yang maksimal, pengelolaan proses pembelajaran  merupakan inti dari pembentukkan suasana belajarar yang interaktif dan menyenangkan. Secara umum pengelolaan pembelajaran dapat dibagi dalam tahapan sebagai berikut : (1) Mengelola ruang kelas, guru dalam mengelola kelas harus mempertimbangkan aspek aksebilitas yaitu kemudahan peserta didik menjangkau alat dan maupun sumber belajar, aspek mobilitas yaitu terjadi gerak secara leluasa baik guru maupun peserta didik dalam proses pembelajaran,  interaksi yaitu hubungan dan terjadi interaksi baik antar peserta didik maupun peserta didik dengan guru secara leluasa, variasi kerja peserta didik yaitu dimungkinkan peserta didik kerja secara variasi sehingga tidak menimbulkan kejenuhan dapat kerja mandiri, berpasangan dan kelompok sesuai dengan karakteristik masing-masing; (2) Mengelola Peserta didik, guru harus mengatur skenario untuk kegiatan peserta didik sehingga langkah-langkah yang harus dijalani dalam pembelajaran jelas seperti kapan peserta didik harus bekerja mandiri, berpasangan dan kelompok sesuai karakteristik pembelajaran, kapan peserta didik mencari informasi, mengolah informasi dan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan; (3) Mengelola kegiatan pembelajaran, guru harus memiliki perencanaan yang matang dalam mengelola kegiatan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang telah terinci dengan baik meliputi ; materi pembelajaran, pengalaman belajar yang akan dilakukan oleh peserta didik, indikator yang akan dicapai, penilaian yang akan dilaksanakan, waktu dan bahan yang digunakan serta skenario yang akan dijalankan selama proses pembelajaran.
Idealnya kegiatan pembelajaran harus mampu mengakomodasi keberagaman tingkat kemampuan peserta didik untuk itu diperlukan lembar kerja yang berbeda, bagi setiap peserta didik, hal itu yang paling efektif untuk mengakomodasi keberagaman tingkat kemampuan peserta didik.

Artikel Terkait Kurikulum dan Pembelajaran

Komentar Postingan